Jumat, 27 April 2012

Manusia dan Cinta Kasih

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.


Ada perbedaan diantara cinta dan kasih dimana cinta lebih mengandung kepada rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan rasa cinta dan tentunya mengarah kepada yang dicintai


Cinta sama sekali bukan nafsu, berikut adalah perbedaan cinta dan nafsu


-Cinta bersifat manusiawi
-Cinta bersifat rohaniah sedangkan nafsu lebih ke sifat jasmaniah
-Cinta biasanya memberi namun nafsu menuntut


Menurut Dr. Salito W. Sarwono dalam artikel yang berjudul Segitiga Cinta , bukan cinta segitiga dikatakan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur, yaitu:


Keterikatan, adalah perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
Keintiman, yaitu adanya kebiasaan – kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal diganti dengan sekedar nama panggilan.
Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tak bertemu, ucapan – ucapan yang menyatakan sayang, saling mencium, merangkul dan sebagainya 


 Pendapat : Cinta, cinta itu sebenarnya abstrak tidak ada satupun orang yang bisa melihatnya namun semua orang pasti bisa merasakan yang namanya cinta. 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar